Tuesday 18 June 2013

BELAJAR MENCARI REZEKI DARI BURUNG



              Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang diangkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman.(An Nahl : 79). Dalam ayat ini Allah SWT mengingatkan kepada manusia agar merenungi makhluk ciptaannya yang bernama burung yang telah ditundukkan ditundukkan berada dilangit dan bumi agar manusia semakin yakin kepada Allah SWT. Bagaimana Allah SWT menjadikannya terbang dengan kedua sayapnya diantara langit dan bumi, yang mengudara di angkasa. Tiada yang menahannya di udara kecuali Allah SWT yang dengan kekuasaan-Nya Dia membekali burung-burung itu dengan kekuatan yang membuatnya dapat berbuat demikian, dan Allah menundukkan udara untuk dapat membawanya terbang di udara.
              Jika menggali lebih dalam lagi ayat ini maka kita akan sangat banyak mendapat pelajaran dari burung. Diantara pelajaran yang dapat kita ambil dari burung yaitu:

Pertama, Burung termasuk binatang yang bangun pagi-pagi yang kemudian bersiap-siap untuk mencari mencari makan. Burung mengajarkan kepada kita sebagaimana yang diajarkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya untuk bangun pagi-pagi dan melaksanakan shalat subuh serta persiapan untuk bekerja agar tidak terlambat.
Kedua, Burung sebelum ia terbang mencari rezeki, burung terlebih dahulu berdiri guna memastikan keadaan sarang dan keadaan anak-anaknya dalam kondisi yang baik. Hal ini mengajarkan kepada kita agar sebelum berangkat kerja hendaknya mengecek barang bawaan kita, keadaan anak-anak kita, ataupun  keadaan rumah kita dalam keadaan bersih dan aman. Contohnya dengan memastikan kompor gas dalam kondisi tidak menyala ataupun mematikan lampu yang masih menyala.
Ketiga, Burung melakukankan terbang dan mengepakkan sayapnya melawan gravitasi bumi yang berat yang selalu menariknya untuk jatuh kebawah. Burung mengajarkan kepada kita untuk berusaha mencari rezeki yang Allah SWT sediakan dengan bekerja keras dengan segala tantangan yang dihadapinya.
Keempat, Ketika burung terbang dia yakin bahwasanya Allah SWT menyediakannya udara yang membuatnya bisa terbang dan burung juga tidak pernah ragu untuk terbang. Burung juga mengajarkan kepada kita untuk yakin dalam berusaha dan bekerja bahwasanya Allah SWT pasti akan memberikan rezekinya. Contohnya pedagang Pasar tanah Abang walaupun disana banyak orang yang berjualan jilbab, pakaian dan sejenis yang mana mereka saling berdekatan, akan tetapi tetap ada saja pembeli yang membeli barang dagangan mereka.
Kelima, Burung terbang menggunakan instink dan terbang menuju ke pepohanan yang rimbun kemudian turun di tempat tersebut serta memakan makanan yang ada di tempat tersebut. Ternyata burung juga mengajarkan kepada kita, kalau kita hendak bekerja hendaknya bekerja menggunakan otak dan bekerja di tempat yang banyak menghasilkan rezeki.
Keenam, Ketika turun untuk mendapatkan makanan ternyata burung tidak rakus serta tidak lupa dengan anak-anaknya yang berada di sarangnya, dan kemudian burung membawa pulang makanan yang didapatnya ketika turun tersebut. Burung bahkan menyimpan sebagian makanannya untuk persiapan musim dingin. Contohnya burung pelatuk yang menyimpan kenari di pohon untuk cadangan makanan ketika musim dingin. Burung mengajarkan kepada kita, ketika sudah mendapatkan rezeki agar jangan menjadi orang yang rakus, bakhil, mementingkan diri sendiri atau melupakan keluarga kita yang ada di rumah yang sedang menunggu kita. Burung juga mengajarkan kepada kita untuk rajin menabung untuk masa depan kita.
Ketujuh, Burung ketika hinggap di tempat ia mengambil makanan,, burung tidak merusak tempat tersebut. Kali ini juga burung memberikan pelajaran kepada kita, hendaknya ketika kita bekerja jangan sampai kita merusak lingkungan atau alam sekitar. Ataupun yang bekerja sebagai pejabat pemerintah agar tidak melakukan hal-hal yang merusak kesejahteraan rakyatnya seperti korupsi, berbuat curang dan lain-lain.
Inilah tujuh hal yang dapat kita ambil pelajaran dari burung yang telah mengajarkan kepada kita cara mencari rezeki sebagaiman yang Allah dan Rasul-Nya perintahkan. Nabi SAW bersabda, “ Barang siapa merasakan lelah di waktu sore, karena bekerja dengan tangannya sendiri, maka dosa-dosanya terampuni” (HR Thabrani dan Baihaqi).


No comments:

Post a Comment