Wednesday 11 September 2013

Zakat Pembersih Diri (khutbah idul fitri)

Zakat Pembersih Diri
(Oleh Fahri Sabirin dan Aswandi)
الله اكبر x7
الله اكبر و الحمد لله كثيرا و سبحان الله بكرة و اصيلا . الحمد لله الذي ارسل رسوله بالهدي و دين الحق ليظهره على الدين كله و لو كره الكافرون . اشهد ان لا اله الا الله و اشهد ان محمدا رسول الله. اللهم صل و سلم على محمد و على اله و اصحابه اجمعين. ..."اما بعد"
معاشر المسلمين رحمكم الله. اتقوا الله حق تقاته و لا تموتن الا و انتم مسلمون.

Alhamdulillah hari ini sampailah kita kepada saat yang dinantikan, hari bahagia yang penuh barokah dan ampunan Allah swt yaitu hari raya idul fitri. Pada hari ini juga diseluruh penjuru dunia, dimasjid dan ditanah lapang umat islam mengumandangkan asma Allah yang Maha Agung, dengan kalimat takbir, tahlil, dan tahmid (Allahuakbar 3x, lailahaillallahu Allahuakbar, Allahuakbar walillahilhamdu.)
Puji dan syukur bagi Allah swt yang telah memberikan kekuatan lahir dan bathin, sehingga kita telah dapat menyelesaikan tugas berat sebulan penuh yakni puasa ramadhan. Dimana hari-hari yang kita lalui penuh pengorbanan dan kesabaran lahir bathin. Lapar dan dahaga yang kita jalani dibulan ramadhan semata-mata merupakan ujian buat orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah swt. Kita tentu menyadari hanya dengan pertolongan Allah swt dan rahmatnyalah kita semua dapat menyelesaikan kewajiban puasa ramadhan sebulan penuh.

Allahuakbar 3x walillahilhamdu !
Saudara-saudara kaum muslimin muslimat rahimakumullah !
Hari raya idul fitri adalah  sebagai hari kembalinya kaum muslimin kepada kesuciannya, yang mana sebelum kita melaksanakan shalat idul fitri Allah swt telah memerintahkan kepada kita untuk mengeluarkan zakat fitrah yaitu zakat pribadi sebagai pembersih diri yang berupa makanan pokok penduduk masing-masing daerah. Dikeluarkan pada waktu yang telah ditentukan mulai terbenamnya matahari awal bulan ramadhan sampai sebelum dilaksanakannya shalat idul fitri. Rasulullah saw bersabda:
فرض رسول الله صلى الله عليه و سلم زكاة الفطر طهرة للصائم من اللغو و الرفث و طعمة للمساكين, فمن ادها بعد الصلاة فهي زكاة مقبولة, و من ادها بعد الصلاة فهي صدقة من الصدقات (رواه ابو داود و ابن ماجح)
Artinya: ” zakat fitrah adalah pembersih bagi orang yang berpuasa dari tindak laku yang sia-sia dan perbuatan yang kurang baik, sebagai hidangan bagi orang-orang miskin, maka barang siapa menunaikannya sebelum shalat id, itulah zakat yang diterima (sebagai zakat fitrah) .dan barang siapa yang menunaikannya setelah shalat id maka itu adalah shadaqoh biasa, sebagaimana shadaqoh saudara yang lain.(HR Abu Daud dan Ibnu Majah).
Allah swt berfirman didalam Al-qur’an surah At-taubah:34-35 yang Artinya : ” dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak tapi tidak menginfakkannya dijalan Allah maka kabarkanlah kabar gembira kepada mereka (bahwa mereka akan mendapat ) azab yang pedih. (ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan didalam neraka jahanam, lalu dengan itu disetrika dahi, lambung dan punggung mereka, (seraya dikatakan) kepada mereka inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu. (QS At-taubah : 34-35).
Allahuakbar 3x walillahilhamdu !
Saudara-saudara kaum muslim muslimat rahimakumullah 1
Dalam suasana lebaran yang penuh dengan kegembiran ini, mari kita tingkatkan kesadaran kita bahwa sebagai manusia yang hidup bermasyarakat harus menanamkam sifat saling tolong-menolong, gotong royong, serta peduli terhadap orang lain. Jangan dirinya sudah kenyang, berkecukupan, selamat dan bahagia lalu tidak memperdulikan nasib orang lain. Ingat, Rasulullah saw bersabda :
لا يؤمن احدكم حتي يحب لاخيه ما يحب لنفسه
Artinya:’ Belum sempurna iman seseorang dari kalian hingga dia mencintai saudaranya,sebagaimana ia mencintai dirinya.( hr.bukhari. ) .
Dari hadis ini kiranya dapat kita jadikan sebagai pelajaran bahwa apapun yang kita sayangi baik yang berupa kebahagian, maupun kebaikan yang telah kita kenyam harus pula dapat dikenyam dan dirasakan oleh saudara-saudara kita sesama umat islam. Jika mereka belum bisa merasakan kecukupan dalam hidup, maka kita harus membantunya. Apabila ada diantara saudara kita yang kelaparan maka wajib bagi kita membantunya sehingga ia dapat makan dan merasakan kenyang sebagaimana yang telah kita rasakan. Rasulullah saw bersabda :
ما امن رجل بات شعبان و جاره جائع الى جانبه و هو يعلم
Artinya ; ’Tidaklah beriman dengan baik orang bermalam dengan perut kenyang, sedangkan tetangganya berbaring dalam keadaan lapar ,sedangkan ia mengetahui keadaan tetangganya.”
Allahuakbar 3x walillahilhamdu !
Saudara-saudara muslimin muslimat rahimakumullah !
Demikian juga dengan amaliah, bilamana ada salah seorang dari teman kita atau saudara kita yang masih belum mau berbuat taat kepada Allah swt atau enggan mengeluarkan zakat, infak, dan shadaqoh, maka tugas kita mengajak dan memberi nasehat kepadanya agar teman kita mau bersama–sama kita menggunakan sisa umurnya untuk taat kepada Allah swt. Dengan demikian kita pun merasa senang bilamana melihat saudara-saudara kita yang ikut aktif taat kepada Allah swt. Marilah kita jadikan hari raya id sebagai penggugah jiwa kita untuk senantiasa waspada menghadapi bujukan-bujukan syaithan ,dan sehubungan dengan itu mari kita amalkan sabda Rasulullah saw.
اجتهدوا يوم الفطر في الصدقة و اعمال الخير و البر من الصلاة و الزكاة و التسبيح و التهليل فانه اليوم الذي يغفر الله تعالى فيه ذنوبكم و يستجيب دعاءكم و ينظر اليكم بالرحمة
Artinya:’ Usahakan pada hari raya untuk menunaikan zakat dan melakukan amal-amal kebaikan dan kebajikan, seperti shalat, zakat, bertasbih dan bertahlil. Karena sesungguhnya hari raya itu ialah hari dimana Allah ta’ala mengampuni dosa-dosa kamu sekalian, serta memandang kamu sekalian dengan rahmat(durratul maa’izin.). di hadits yang lain dari Abu Al-Qudri ra bahwa Rasulullah saw bersabda : “Siapapun orang muslim yang memberikan pakaian kepada orang muslim yang sedang tidak mempunyai pakaian, maka Allah swt akan memberinya pakaian kepadanya dari hijaunya surga. Dan siapapun orang muslim yang memberi makan kepada orang muslim yang sedang kelaparan maka Allah memberinya makanan dari buah-buahan surga. Dan siapapun orang muslim yang memberi minum orang muslim yang sedang kehausan maka Allah akan memberinya minum dari minuman yang murni dan bersegel.(HR Abu Daud).
Allahuakbar 3x walillahilhamdu !
Saudara-saudara kaum muslimin muslimat rahimakumullah !
Saat ini kita hadir dimasjid ini untuk bersama-sama berjama’ah  melaksanakan shalat id. Dihari yang fitri ini mari kita pergunakan sebaik-baiknya untuk mempererat tali siraturrahmi dengan keluarga, sanak saudara, kerabat teman dekat, tetangga dan seluruh kaum muslimin. Mari kita ciptakan suasana keakraban dan kekeluargaan, saling bertegur sapa, saling berjabat tangan bermaafan satu sama lain dengan mengucapkanتقبل الله منا و منكم  ,salam, dan saling kunjung mengunjungi. Walaupun hal ini nampaknya mudah dan sepele namun membawa dampak yang besar  bagi kita semua. Dihari fitri yang ini juga mari kita saling maaf memaafkan dengan tulus ikhlas. Seorang bapak atau suami memberi maaf kepada istri, anak, dan cucunya. Seorang abang atau kakak memberi maaf kepada adik-adiknya dan begitu pula sebaliknya. Jika hal ini dapat kita lakukan alangkah indah dan harumnya makna idul fitri ini. Dan kita berdo’a berharap diberi umur yang panjang dan mudah-mudahan kita semua dipertemukan dibulan ramadhan dan idul fitri di tahun  yang mendatang. Amin ya rabbal ‘alamin.
بارك الله لي و لكم فى القران العظيم و استغفروه انه هو الغفور العظيم


No comments:

Post a Comment