Wednesday 15 January 2014

PELAYANAN PRIMA (SERVICE EXCELLENCE) DALAM ISLAM


Secara umum landasan utama pelayanan prima ialah menolong orang lain. Dalam islam pelayanan prima tidak hanya sekedar menolong orang lain, akan tetapi juga sebagai ibadah kepada Allah SWT.
Ketika pelayanan prima benar-benar diaplikasikan baik dalam kehidupan bermasyarkat atau dunia bisnis maka efek baik juga akan dirasakan, diantaranya : kepercayaan (trust), loyalitas (loyality), confident, marketing mulut (mouth marketing), profit, perkembangan usaha akan meningkat (growth), selain itu silaturahmi akan terjaga, hidup menjadi berkah, persatuan umat akan terjaga, dan yang pasti surga akan didapat.


Rasulullah SAW bersabda:
 عَنْ اَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلـَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَــلـَّـمَ قَالَ مَنْ كَـانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْأخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا اَوْلِـيَصْمُتْ وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْأخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْأخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْــفَه)رواه البخارى ومسلم(
Dari Abu Huroiroh -rodhiyallahu 'anhu-, sesungguhnya Rosululloh -Shollalloohu 'Alaihi Wasallam- telah bersabda, "Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya ia berkata yang baik-baik atau diam. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya ia memuliakan (menghormati) tetangganya. Dan barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya ia memuliakan (menghormati) tamunya." Dalam hadits yang lain Rasulullah SAW juga bersabda:
“Sebaik baiknya manusia ialah yang paling memberiakan manfaat bagi manusia lainnya”
Setiap orang membutuhkan pelayanan yang terbaik bagi dirinya, bahkan terkadang rela mengeluarkan nominal yang lebih untuk menikmati pelayanan tersebut. Misalnya banyak orang yang yang lebih memilih menggunakan maskapai lebih mahal tapi dikenal tepat waktu dan aman daripada maskapai yang murah tapi tidak memberikan pelayanan yang baik.
Costumer Is King

Di amerika Toyota menarik kembali sekitar 885.000 kendaraan untuk memperbaiki masalah yang dapat mengakibatkan kebocoran air dari unit pendingin udara. Model yang ditarik adalah Camry, Camry Hybrid, Avalon, Avalon Hybrid, dan Venza yang dibuat pada periode 2012 hingga 2013.
General Motors (GM) di Cina menarik 1,5 juta unit mobil karena masalah di bracket pompa bahan bakarnya. Dalam pengumumannya pada Jumat, 26 Desember 2013, mobil-mobil yang dibuat secara lokal oleh Shanghai General Motors Co Ltd itu bisa pecah setelah penggunaan dalam jangka panjang
Priority costumer Demi kenyamanan nasabahnya banyak perbankan yang menyediakan layanan khusus bagi nasabah prioritas nya, mulai dari pelayanan antar jemput bandara, hotel gratis bahkan layanan konsultasi keuangan.

Lima Dimensi Service Excellence
Relibiality, kemampuan untuk memberikan jasa dengan segera dan memuaskan.
Responsivenes, kemampuan untuk memberikan jasa dengan tanggap
Assurance, memiliki sifat yang dapat dihandalkan dan dipercaya
Emphaty, kemudahan dalam melakukan hubungan komunikasi yang baik dan memahami kebutuhan pelanggan
Tangibles, fasilitas fisik, perlengkapan, pegawai dan sarana komunikasi.
Dalam menerapkan lima dimensi ini diperlukan integritas yang tinggi dalam memberikan service excelent. Adapun Integritas adalah konsistensi dan keteguhan yang tak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai-nilai luhur dan keyakinan. definisi lain dari integritas adalah suatu konsep yang menunjuk konsistensi antara tindakan dengan  nilai dan prinsip.
Beberapa kasus riil yang terjadi di dalam pasar yang dikarenakan rendahnya integritas oleh para pedagang yang baru-baru ini terjadi, seperti: bakso babi, kolang-kaling berformalin, saus tomat dari tomat busuk, madu palsu, sabun palsu dari semen putih, makanan berformalin, makanan mengandung boraks, ayam tiren, pedagang yang mengandalkan jimat dan lain-lain.
Teladan Muhammad SAW
Prinsip bisnis Nabi Muhammad bahwa transaksi bisnis sama sekali tidak ditujukan untuk memupuk kekayaan pribadi, namun justru untuk membangun kehormatan dan kemuliaan bisnis dengan etika yg tinggi. Adapun hasil yang didapat harus didistribusikan ke sebanyak mungkin umat. Beliau tidak pernah belajar akutansi untuk mengetahui neraca laba rugi, beliau tidak pernah belajar mikro ekonomi untuk mengetahui perilaku konsumen, beliau tidak pernah belajar makro ekonomi untuk kondisi ekonomi global, beliau tidak pernah belajar ekonometrik untuk bisa meramal perekonomian dikemudian hari. Namun dibalik itu semua, beliau mampu menjelma menjadi saudagar kaya raya yang mana kedatangannya sangat dinanti nanti konsumen dan kehadirannya sangat disegani kompetitor.
Dan beginilah islam mengajarkan kepada kita
الاَصلُ فِى الاِستِربَاحِ الحُرِّيَة وَالمَشرُوعِيَّة
“ Asal hukum dalam menetapkan harga ialah bebas namun sesuai syariah”
“Pedagang yang jujur dan terpercaya akan dibangkitkan bersama para Nabi, orang-orang shiddiq dan para syuhada." (HR. Tirmidzi).












No comments:

Post a Comment