Sunday 30 June 2013

KABAR GEMBIRA BAGI ORANG YANG BERTAKWA



Takwa merupakan kata yang sangat sering diucapkan oleh setiap orang, baik yang muslim atau non-muslim. Dan setiap orang mengetahui arti dari takwa ini, yaitu melaksanakan segala perintah Allah SWT dan menjauhi segala yang dilarang Allah SWT. Allah SWT  menjelaskan bahwa tujuan dari puasa ramadhan yaitu takwa. “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kalian untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa” (QS. Al Baqarah:183).
Bahwasanya Allah SWT memerintahakan kepada setiap hamba-hambanya dalam banyak ayat dalam Al Qur’an diantaranya. “Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kalian dengan takwa yang sebenar-benarnya, dan janganlah kalian mati kecuali dalam keadaan muslim”(QS. Ali Imran:102)
Rasulullah SAW menjelaskan bahwa makhluk yang paling mulia dihadapan Allah SWT ialah orang yang paling bertakwa yang mana beliau mengajarkan kita do’a
اللهم اني اسئلك الهدى و التقى و العفاف و الغنى
“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Mu petunujuk, takwa, kelemah lembutan, dan kekayaan” HR Muslim
Takwa secara bahasa artinya al khouf atau takut. Sedangkan menurut istilah para ulama’ takwa adalah melaksanakan perintah Allah SWT dan menjauhi semua yang dilarang oleh Allah SWT baik secara sembunyi-sebunyi atau terang-terangan. Umar Bin Khattab RA ketika ditanya oleh seseorang tentang takwa maka ia berkata; “ Apakah yang engkau pernah berjalan ditempat yang berduri?”. Yang bertanya menjawab; “ iya pernah”. Umar berkata lagi “ Lantas apa yang engkau lakukan ketika itu?” yang bertanya menjawab kembali ”aku melewatinya dengan sungguh berhati-hati” maka kemudian Umar berkata “itulah takwa”. Takwa merupakan perintah Allah SWT terhadap semua hamba-hambanya semenjak Nabi AS hingga hari kiamat. “...dan sungguh Kami telah memerintahkan kepada orang yang diberi kitab suci sebelum kamu dan juga kepadamu agar bertakwa kepada Allah SWT...” (QS. An Nisa’ : 131)
Kabar gembira untuk orang yang bertakwa diantaranya:
  1. Dicintai oleh Allah AWT. “sesungguhnya AllahSWT mencintai orang-orang yang bertakwa” (QS. At Taubah:4)
  2. Ditempatkan di surganya Allah SWT. “Sungguh, orang-orang yang bertakwa berada di taman-taman dan sungai, ditempat yang disenangi Tuhan Yang Maha Kuasa” (QS. Al Qamar:54-55)
  3. Allah SWT akan menghapus kesalahan dan dosa-dosa orang yang bertakwa. “Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah SWT, nisacaya Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipatgandakan pahala baginya” (QS. At Thalaq:5)
  4. Selalu diliputi oleh rahmat Allah SWT. “Dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku bagi orang-orang yang bertakwa..”(QS, Al A’raf:156)
  5. Mendapatkan pertolangan Allah SWT. ”Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang bertakwa”(An Nahl:128)
  6. Dimudahkan segala urusannya dan dilapangkan.rezekinya oleh Allah SWT. “Barang siapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. (QS. At Thalaq:3). Dalam ayat yang lain Allah SWT berfirman, “Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia menjadi kemudahan baginya dalam urusan”.(QS. At Thalaq:4)

No comments:

Post a Comment