Friday 13 September 2013

FADHILAH BULAN SYA’BAN

KHUTBAH JUM’AT
FADHILAH BULAN SYA’BAN
(Oleh Fahri Sabirin  dan Aswandi)
انّ الْحَمْدَ للهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاّ اللهُ وَأَشْهَدُ أَنّ مُحَمّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

يَاأَيّهَا الّذَيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ حَقّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنّ إِلاّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

يَاأَيّهَا النَاسُ اتّقُوْا رَبّكُمُ الّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَاءً وَاتّقُوا اللهَ الَذِي تَسَاءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَام َ إِنّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا

يَاأَيّهَا الّذِيْنَ آمَنُوْا اتّقُوا اللهَ وَقُوْلُوْا قَوْلاً سَدِيْدًا يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْلَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللهَ وَرَسُوْلَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيْمًا، أَمّا بَعْدُ ...

فَأِنّ أَصْدَقَ الْحَدِيْثِ كِتَابُ اللهِ، وَخَيْرَ الْهَدْىِ هَدْىُ مُحَمّدٍ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ، وَشَرّ اْلأُمُوْرِ مُحْدَثَاتُهَا، وَكُلّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةً، وَكُلّ ضَلاَلَةِ فِي النّارِ.
Saudara-saudara jamaah jum’at rahimakumullah!
Melalui mimbar khutbah ini, terlebih dahulu saya berwasiat kepada diri pribadi dan kepada segenap hadirin jumat, marilah kita berusaha untuk lebih meningkatkan ketakwaan kita kepada  Allah SWT. Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan-Nya kehadirat penghulu kita Muhammad SAW serta kepada keluarga, sahabat, dan seluruh umat yang mengikuti sunnahnya hingga akhir masa. Amin ya rabbal ‘alamin.
Allah SWT berfirman :
ان عدة الشهور عند الله اثنى عشرشهرا فى كتاب الله يوم خلق السماوات و الأرض منها اربعة حرم
Artinya : sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah 12 bulan , dalam ketetapan di waktu Dia menciptakan langit dan bumi , diantarnya  4 bulan haram (QS At-taubah : 36)
Dari ayat tersebut kita memperoleh peringatan bahwa diantara waktu yang di atur oleh Allah , terdapat waktu – waktu yang mulia ; satu diantaranya adala bulan sya’ban. Sungguh berbahagia kita , karena dapat bertemu dengan bulan yang bersejarah ini , mungkin dilupakan segenap kaum muslimin. Marilah kita lebih mensyukuri ikmat Allah SWT , sebab dengan datangnya bulan sya’ban kita ingat kembali riwayat dari yahya bin mu’adz , bahwa dia berkata : sesungguhnya didalam kata sya’ban terdapat 5 huruf , dimana dengan setiap hurufnya kaum muslimin akan diberi satu pemberian , dengan ( س ) akan diberi syaraf ( kehormatan ) dan syafa’at, dengan (ع) akan diberi izzah ( keperkasaan ) dan kehormatan ( kemuliaan) , dengan ( ب ) akan diberi biir ( kebaikan ), dengan ( أ ) akn diberi ulfah ( kelemahan – kelemahan ), dan dengan (ن ) akan diberi nur ( cahaya ). Dan oleh karenanya dikatakan : bulan rajab ialah untuk mensucikan hati , bulan ramadhan ialah untuk mensucikan ruh, sesunguhnya orang yang mensucikan badannya pada bulan rajab, maka dia akan mensucikan hatinya pada bulan sya’ban , dan orang-orang yang mensucikan hatinya pada bulan sya’ban , akan mensucikan ruhnya pada bulan ramadhan . maka jika dia tidak mensucikan badannya pada bulan rajab dan hatinya pda bulan sya’ban , kapankah dia akan mensucikan ruhnya pada bulan ramadhan? Dan oleh karenanya berkata seorang ahli hikmah “ sesungguhnya bulan rajab untuk memohon ampun dari segala dosa, dan buln sya’ban untuk memperbaiki hati dari segala cacat, dan bulan ramadhan untuk memberikan penerangan hati, sedang malam qadar untuk mendekatkan diri kepada Allah.
Saudara-saudara kaum muslimin yang berbahagia  !
Rasulullah SAW  bersabda :
من صام ثلاثة ايام من اول شعبان, و ثلاثة من اوسطه و ثلاثة من اخره. كتب الله له سبعين نبيا و كان كمن عبد الله تعالى تعالى سبعين عاما و ان مات فى تلك السنة مات شهيدا
Artinya : “ barangsiapa berpuasa tiga hari pada awal bulan sya’ban , dan tiga hari pada tengahnya, dan tiga hari pada akhirnya, maka Allah akn menuliskan baginya pahala dari 70 orang nabi dan adalah seperti orang beribadah kepada Allah selama 70 tahun. dan jika dia mati pada tahun itu, dia mati sebagai syahid”
Saudara-saudara kaum muslimin rahimakumullah
Oleh sebab itu, melalui mimbar ini sekali lagi kami ajak kepada segenap kaum muslimin utuk lebih meningkatkan amal shaleh , memperbanyak ibadah terutama pada bulan mulia ini. Karena kita semua pasti senantiasa mengharap rahmat dari Allah SWT. Dan mari kita ajak saudara-saudara kita , anak-anak kita , istri, ibu, dan bapak kita untuk beramal shaleh terutama sekali kepada anak-anak kita .
Satu kenyataan saat-saat sekarang telah banyak timbul gejala kemorosotan akhlk generasi muda yang pada prinsipnya mereka sudah tidak lagi mengenal aturan-aturan Allah karena tidak adanya pengertian pengertian yang diberikan oleh orang tuanya. Sudah barang tentu jika keadaan demikian terus berlanjut maka tidak mustahil generasi mendatang akan diliputi kabut kegelapan bahkan keelemahan yang akhirnya hancur dan larut bersama nafsu syaithaniyyah. Naudzubillah mindzalik.
Rasulullah SAW bersabda :
Artinya : barangsiapa mengagungkan bulan sya’ban dan bertaqwa kepada Allah SWT dan melakukan ketaatan kepada-Nya dan menahan diri dari berbuat maksiat, maka Allah SWT mengampuni dosa-dosanya, dan memberi keamanan kepadanya dari kemalangan-kemalangan maupun penyakit-penyakit yang terjadi pada tahun itu seluruhnya.”
Saudara-saudara kaum muslimin rahimakumullah
Demikianlah khutbah jum’at yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan kali ini, mudah-mudahan Allah SWT selalu menganugerahkan rahmat, taufik, dan hidayahnya kepada kita sehingga kita termasuk golongan hamba Allah yang bertakwa, yang mendapatkan kebahagian di dunia dan akhirat dibawah naungan rodhonya . amin ya rabbal alamin.  
بارك الله لي و لكم فى القران العظيم و استغفروه انه هو الغفور العظيم


No comments:

Post a Comment